Langkah Awal Menjadi Blogger Sukses, Handal, dan Konsisten!

Blogger Sukses, Handal, dan Konsisten!
Blogger adalah sebutan untuk orang yang menulis, menerbitkan, dan mengatur blog yang dikelolanya. Ada banyak layanan blog di internet seperti Blogger, Wordpress, dan masih banyak lagi. Lantas bagaimana cara menjadi Blogger yang sukses, handal, dan konsisten? 

Yah, seperti yang saya sebutkan diatas, ada tiga kata kunci yang akan saya paparkan disini berkaitan dengan menjadi blogger yang:
  • Sukses
  • Handal, dan
  • Konsisten
Ketiga kata kunci diatas adalah output dari tujuan pembuatan artikel ini.

Sebenarnya ada banyak sekali panduan, tutorial, dan how tos tentang menjadi blogger sukses yang bertebaran di internet. Semua tutorial yang anda temui di internet mungkin tidak salah. Pertanyaannya apakah ketika anda membaca tutorial tersebut, setelah itu anda mempraktikannya? Jika anda sudah mempraktikannya namun masih gagal, ada beberapa kemungkinan.

Kemungkinan pertama: anda tidak bangkit setelah gagal

Tutorial yang anda baca di berbagai situs di internet mungkin sudah benar dan bombastis. Anda juga sudah menerapkan panduan yang dipaparkan tapi tetap saja gagal. Misalnya anda mencoba untuk tetap konsisten menulis artikel dalam blogging, tapi tetap saja belum bisa, bahkan terbengkalai selama berbulan-bulan tanpa ada pengelolaan. Solusinya cuma satu: bangkit! Saya jadi teringat kata-kata dari Herman Yudiono:
Jika kamu gagal 1000 kali, bangkitlah 1001 kali

Kemungkinan kedua: ilmu yang anda pelajari sudah tidak relevan

Bisa jadi tutorial yang anda baca dan praktikan adalah metode yang sudah tidak valid lagi pada zaman sekarang. Misalnya anda menemukan artikel tentang optimasi SEO melalui link comment. Teknik tersebut menurut howlseo.com sudah tidak relevan lagi. Anda juga dapat mengecek teknik-teknik apa sajakah yang sudah tidak relevan dalam dunia blogging melalui tautan tersebut.

#1 - Menjadi Blogger Sukses

Jika anda sudah menyadari penyebab kegagalan anda, selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah melakukan kebalikannya agar menjadi blogger sukses. Bagaimana caranya? Seperti yang sudah disinggung diatas, bangkit dari kegagalan. 
Seperti kisah Steve Jobs yang di masa mudanya mati-matian merintis perusahaan Apple, namun dia mengalami kegagalan yang sangat pahit karena dia dipecat di perusahaannya sendiri. Tapi hebatnya seorang Steve Jobs, kegagalan itu tidak membuat dia putus asa, dia membangun start up dari nol lagi dengan mendirikan perusahaan bernama NeXT. Jatuh bangun dia alami hingga akhirnya dia kembali lagi ke perusahaan Apple yang saat itu sedang bangkrut, dan Steve Jobs kembali menjadi pahlawan disitu. 
Kesimpulannya, kemauan dan kerja keras memang manis buahnya, ya.

#2 - Menjadi Blogger Handal

Blogger handal? Ibarat dalam peristilahan kuliner, ada yang namannya koki handal. Dia mampu memasak dengan baik, terampil, dan masakannya berkualitas. Sama halnya dengan blogger. Blogger yang handal dapat menghasilkan tulisan, pengelolaan, dan kualitas yang baik terhadap blognya.

Untuk menjadi blogger handal, anda perlu memahami prinsip-prinsip paten seorang blogger. Menjadi blogger handal bukanlah pekerjaan mudah karena juga butuh keterampilan. Berikut prinsip paten yang ada pada setiap blogger:
  • Mampu Menulis

Jika anda belum bisa menulis dengan baik, maka anda belum bisa menjadi blogger yang handal. Menulis yang baik disini tidak selalu berkaitan dengan kaidah penulisan yang sesuai dengan EYD. Tapi tulisan yang anda ciptakan sendiri, tanpa mengcopy paste milik orang lain (rewriting menurut saya masih toleran). Selain itu anda harus mampu memberikan apa yang pengunjung inginkan melalui artikel yang anda buat.
  • Mau Membaca

Bukan masalah anda mampu membaca atau tidak, tapi disini yang ditekankan adalah anda mau membaca atau tidak. Membaca apa? Membaca informasi dan ilmu-ilmu yang berkaitan dengan blog yang sedang anda fokusi agar artikel yang anda suguhkan lebih aktual dan punya validitas baik. Percaya nggak percaya, jika anda jarang membaca, anda akan kesulitan menulis. Karena penulis yang baik berasal dari pembaca yang baik pula. Dengan kata lain, anda harus mau belajar.

#3 - Menjadi Blogger Konsisten

Konsisten disini bermakna tetap atau istikamah. Anda harus bisa konsisten dalam blogging agar blog anda tetap terurus baik dari penerbitan artikel, respon terhadap komentar, dan seterusnya. Bagaimakah cara menjadi blogger yang konsisten?

Sebenarnya pertanyaan tersebut sudah menjadi pertanyaan seribu umat yang dilontarkan hampir bertahun-tahun karena menjadi blogger yang konsisten itu sungguh sangat susah sekali bagi sebagian orang. Tapi menurut mereka yang mempunyai motivasi tinggi terhadap blogging, biasanya tetap istikamah dalam ngeblog.

Bagaimana membangun konsistensi dalam ngeblog?

Ada banyak tutorial yang dapat anda terapkan juga di luar sana, tapi menurut saya, untuk menjadi blogger yang konsisten, anda perlu memiliki motivasi yang kuat. Berikut adalah tingkatan motivasi dalam ngeblog dari yang paling lemah hingga paling kuat menurut pengalaman dan pengamatan saya sendiri:
  • Ngeblog karena senang
  • Ngeblog karena mempertahankan pendapatan
  • Ngeblog karena ingin memperoleh pendapatan
  • Ngeblog untuk mengisi kejenuhan saja
  • Ngeblog karena tugas sekolah
Nah, anda yang mana? Kalau saya pribadi semoga di peringkat pertama, karena saya sudah mulai jatuh cinta dengan proses blogging. Seperti yang sudah saya singgung diatas, bahwa seorang blogger harus mau membaca dan menulis, jika anda sudah menyukai kedua aktivitas tersebut, sepertinya akan lebih mudah bagi anda dalam meraih konsistensi blogging.

Itulah beberapa langkah sederhana untuk mendorong anda menjadi blogger yang sukses, handal, dan juga konsisten. Tetapi kembali lagi pada hukum alam yang sangat naluriah terjadi pada manusia yaitu:
Sebanyak apapun informasi, motivasi, atau saran yang diberikan kepada si Paimin, jika Paimin sendiri tidak action, maka semuanya sama saja dengan sampah yang berserakan di tepi jalan
Subscribe

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Langkah Awal Menjadi Blogger Sukses, Handal, dan Konsisten!"

Post a Comment

Berkomentar lah dengan bijak ^_^